Thursday, 14 November 2013

Membuat Ticket Conter dengan Google SketchUp

Pertama-tama buka aplikasi Google SketchUp, disini akan dijelaskan langkah-langkah membuat beberapa objek yang terdapat diarea Ticket Counter pada airport, diantaranya, pembuatan Palang Pembatas, loket pembelian tiket, tempat sampah, dan juga kursi duduk. pertama-tama dimulai dari palang pembatas:
Palang pembatas antrian : untuk membuat palang pembatas antrian, langkah awal yaitu membuat satu buah circle kemudian buat lagi sebuah circe didalam circle tersebut, setelah itu gunakan tombol push atau pull untuk menarik circle tersebut keatas, pertama tarik circle yg terdapat didalam circle ke atas dengan ukuran yang agak panjang sebagai palang/tiang pembatas, kemudian tarik circle yang diluar dengan ukuran
yang tidak terlalu panjang atau pendek saja sebagai kaki tiang/palang pembatas, setelah itu gunakan tool rectangle buat gambar persegi panjang dibagian tiang/palang pembatas untuk membuat tali pembatas, kemudian gunakan tombol push/pull untuk membuat tali lebih kelihatan tebal. hasilnya seperti berikut:

loket pembeian tiket : pertama kita membuat denah bangunan loket pembelian tiket dengan bentuk 2D. Kemudia buat garis untuk tembok sec
ara 2D, kemudia kita menggunakan tool Push/pull untuk menarik objek 2D tersebut menjadi  objek 3D. Untuk membuat detailnya kita menggunakan teknik yang sama , kemudian sebagai finishing kita menambahkan beberapa material. Hasil :
 

Untuk membuat tempat sampah petama-tama kita mengklik tool rectangle, lalu membuat persegi empat kecil. Setelah itu kita menggunakan tool push/pull untuk memberikan efek 3d pada persegi empat tersebut, setelah itu kita mengklik bagian bawah tempat sampah tersebut lalu gunakan tool scale untuk membuat bagian bawah tempat sampah itu mengecil. Lalu gunakan tool paint bucket untuk mewarnai tempat sampah tersebut. Dan terakhir gunakan tool 3d text untuk memberikan tulisan tempat sampah.
 

 Membuat kursi:  pada awalnya kita membuat 4 buah kaki untuk bangkunya, kemudia kita naikan terlebih dahulu kaki yang kita buat sebelumnya menggunakan tool push/pull. Kemudian setelah keempat kaki di tarik atau dijadikan objek 3d maka selanjutnya kita membuat garis dipinggi kaki-kaki tersebut yang selanjutnya akan kita tarik menggunakan objek 3d kembali menggunakan tool push/pull, setelah ditarik akan menjadi sebuah bangku tampa pengangga dibelakangnya. Selanjutnya kita buat penyangga punggungnya dengan cara membuat sebuah garid pada pinggir bangku kemudia kita tarik kembali menggunakan tool push/pull sehingga penyangga punggungnya terbuat.

 Menggabungkan semua objek menjadi 1: setelah objek-objek yang dibuat tersebut telah disave sesuai dengan file mereka masing-masing dengan extention Skecth-up Model(.skp). kemudian buat 1buah project baru sehingga kita memasukan keempat objek tersebut di import kedalam project yang kita buat sebelumnya. Setelah objek tersebut di import maka kita dapat menggesernya menggunakan Move tool dan meletakannya sesuai dengan tempat yang seharusnya.
Berikut hasil dari kombinasi keempat objek tersebut:

No comments:

Post a Comment