Tuesday, 8 July 2014

Permainan Strategi

     Pada tugas softskill kali ini membahas tentang game, game yang akan saya bahas yaitu mengenai game strategi. contoh game dalam bentuk strategi ini yaitu "Gadget Trial", "Final Fantasy Tactics" dan "Vimala". Sistem permainan dari game ini adalah layaknya visual novel dimana pemain bebas memilih setiap jawaban yang dipilih yang dipadukan dengan permainan strategi perang. Permainan strategi berasal dari permainan catur, dengan demikian nilai-nilai positif yang dimiliki permainan catur dapat ikut dirasakan melalui permainan strategi yang ada.

     Permainan strategi itu sendiri memiliki berbagai manfaat yang secara tidak langsung akan dialami oleh para pemainnya yakni pemain dapat mempelajari bagaimana caranya menentukan langkah sebelum melakukan sebuah aksi. Sehingga pemain dipaksa untuk mempertanggung jawabkan setiap tindakannya sebelum melakukan suatu aksi. Pada penelitian kali ini ditemukan bahwa dengan jenis permainan Visual Novel yang memberikan kebebasan bagi para pemainnya untuk menentukan jawaban akan berpengaruh bagi para pemainnya dalam menentukan sebuah jawaban. Setiap jawaban yang akan memiliki sebuah resiko dan juga akan menghantarkan pemain pada akibat dari pilihan dari jawaban yang telah dipilih. Sebagai contoh bila pemain memilih untuk menolong pemain lain, maka pada akhir permainan pemain tersebut akan diberi hadiah. Berbeda dengan pemain yang memilih untuk tidak menolong pemain lain, maka akan diberikan sebuah hukuman.

     Dari situ pemain akan dapat mempelajari setiap hal baik dan buruk mengenai suatu hal. Maka dari itu pada penelitian kali menemukan bahwa perlunya suatu game dengan suatu sistem yang bermanfaat bagi orang yang memainkan game tersebut dengan menawarkan sebuah konten yang bisa dibilang baru dan menarik bagi para pemainnya untuk dimainkan namun juga menawarkan sebuah informasi yang berguna dan bermanfaat secara langsung baik tidak langsung bagi para pemainnya yang pada penelitian kali ini yang akan menjadi topic pembahasan adalah Pancasila itu sendiri.

     Beberapa tujuan akhir pada game tentang Pancasila ini antara lain menawarkan hal sebagai berikut:

1. Mengajarkan nilai-nilai baik
Dengan menghadapkan pemain terhadap permasalahan seputar Pancasila dengan sistem pemilihan jawaban ala visual novel, maka pemain dapat secara bebas berinteraksi selama permainan berlangsung dan akan mendapatkan setiap resiko dari setiap jawaban yang pemain pilih ketika bermain. Jadi pada penelitian kali ini ditemukan bahwa banyak sekali game yang hanya memiliki unsur fun saja, maka dari itu perlu dibuat suatu game yang secara tidak langsung maupun langsung memberikan nilai pengajaran yang edukatif bagi para remaja. Sehingga bermain game yang dahulu terkesan membuang-buang waktu saja dapat menjadi bermanfaat.

2.Menciptakan sebuah game yang menarik
Mendesain dan mengemas nilai-nilai Pancasila yang dinilai kurang menarik menjadi suatu hal yang baru yang disukai remaja sehingga para remaja mau belajar dan mengetahui setiap akan Pancasila itu sendiri. Sehingga menjadi suatu hal yang populer di kalangan remaja.

3.Membuat terobosan baru dalam pendidikan
Membuat sebuah metode baru dengan media yang baru yang ditujukan untuk pendidikan. Menurut data bahwa pendidikan melalui game hanya ditemukan pada game-game khusus untuk anak kecil dan jumlah pendidikan game untuk kalangan remaja sangatlah kurang.

sumber : https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=0CB0QFjAA&url=http%3A%2F%2Fjurnal-s1.fsrd.itb.ac.id%2Findex.php%2Fviscom%2Farticle%2Fdownload%2F43%2F42&ei=QnG7U6DhKY-7uASymYCoBg&usg=AFQjCNG7p-63jBtHC_GyD36NazpYwqRmiA

No comments:

Post a Comment