Saturday, 27 September 2014

Memberikan animasi pada timeline blender

Pada Tulisan kali ini saya akan memberikan langkah-langkah untuk memberikan animasi pada objek yang kita buat, objek yang akan digunakan yaitu sebuah handuk, yang akan diberikan animasi seolah-olah handuk itu akan dijemur.
Langkah pertama buka blender kemudian masukkan  mesh – plane atur ukuran plane sesuai keinginan:

Kemudian rotate plane agar menjadi tegak, kemudian berikan potongan pada objek dengan ctrl + r dibagian vertikal dan  horizontal:


Setelah selesai memberi potongan, pilih again tengah objek disisi ujung kiri dan kanan dengan menggunakan vertex select dan pada bagian object data, beri vertex group dan namakan dengan gabung:

Setelah itu kembali ke object mode kemudian masuk ke menu  physics, pilih cloth kemudian beri tanda centang pada pinning , kemudian pilih vertex grup gabung yg sudah dibuat tadi dibagian pinning:

Setelah itu tambahkan force field-wind untuk memberikan efek angin pada objek atur wind pada bagian objek yang akan diberi efek angin, atur juga strenghtnya sesuai keinginan:


Setelah selesai beri warna pada objek dengan menggunakan menu  matrial tambahkan juga beberapa objek lain, setelah di play hasilnya akan seperti berikut:





No comments:

Post a Comment