Sunday 26 April 2015

Prinsip Berpegang Teguh

Tulisan kali ini mengenai Prinsip Berpegang Teguh. Setiap orang memiliki cara berpikir, latar belakang dan tingkah laku yang berbeda-beda. Dalam menjalani kehidupan sehari-hari kita harus berpegang teguh pada prinsip. Setiap orang diberi kebebasan untuk memilih apa yang akan dilakukan dalam kehidupan masing-masing.
Pilihan-pilihan yang kita buat akan menentukan masa depan. Salah satu contoh pilihan dalam hidup yang dapat menentukan kehidupan, misalkan Ursa sebagai seorang mahasiswa, Ursa diajak untuk bergabung mengikuti tawuran oleh temannya. Ursa mendapat 2 pilihan yaitu untuk menikuti atau menolak ajakan tersebut. Kedua pilihan tersebut akan memiliki dampaknya masing-masing. Dampak yang akan Ursa terima jika dia menolak misalnya Ursa akan dikucilkan atau diejek oleh teman-temannya yang lain dan sebagainya karena dianggap sebagai seorang pengecut, namun jika Ursa mengiyakan dan mengikuti temannya untuk tawuran, beberapa dampak dari pilihan Ursa yaitu bisa saja mengakibatkan Ursa dikeluarkan dari kampus dan menghancurkan masa depannya, atau mungkin ditahan polisi dan dipenjara selama beberapa tahun sehingga beberapa tahun terbuang sia-sia bahkan dapat menyebabkan Ursa terbunuh saat mengikuti tawuran tersebut.
Setiap hari menjalani hidup pasti akan mengalami hal-hal seperti itu, ada dampak dari setiap pilihan yang dipilih. Oleh karena itu, setiap menghadapi masalah apapun kita harus berpegang teguh pada prinsip, misalnya dapat menolak dan berkata tidak atas ajakan teman yang menurut dapat memberikan dampak buruk untuk kehidupan. Tidak memaksakan diri untuk melakukan hal-hal yang diluar batas kemampuan yang dimiliki meskipun merupakan ajakan dari orang tua, sahabat maupun pacar. Karena jika selalu mengikuti dan mengiyakan semua ajakan tersebut, dampak terburuk yang akan dialami yaitu terseret ke dalam keadaan yang buruk yang menyebabkan kehidupan kita hancur, oleh karena itu hidup harus berpegang teguh pada prinsip untuk mendapatkan apa yang diinginkan, menggapai mimpi yang diidamkan dan menjalani hidup sesuai dengan keinginan.


Prinsip merupakan pedoman seseorang dalam bertindak maupun berpikir. Didalam menjalani kegiatan sehari-hari alangkah baiknya kita memiliki target, misalnya seorang mahasiswa skripsi, dia memiliki waktu 5 bulan untuk menyelesaikan penulisan skripsinya. Mahasiswa ini memiliki target untuk menyelesaikan skripsi dan di acc oleh Dosen Pembimbing dalam waktu 4 bulan. Setiap 2 minggu sekali mahasiswa ini menemui Dosen Pembimbingnya untuk konsultasi tentang skripsinya. Disaat teman-temannya sedang asik bermain, dia malah mengerjakan skripsinya dengan tujuan dapat menyelesaikan dalam waktu 4 bulan. Dia menolak ajakan temannya untuk berkumpul dan bermain karena harus pergi meneliti bahan untuk skripsinya. Meskipun ada keinginan untuk bergabung dengan teman-temannya namun dia tetap menolak. Pada akhirnya dia berhasil menyelesaikan skripsinya dalam waktu kurang dari 4 bulan. Target untuk menyelesaikan skripsi dalam waktu 4 bulan tercapai karena dia berhasil memanfaatkan waktu dengan baik dan menolak ajakan-akan yang dapat mengganggunya dalam mengerjakan skripsinya. Dari kisah diatas dapat ditarik setiap usaha dan semangat berjuang dapat memberikan hasil yang kita inginkan. Dari serangkaian tulisan diatas dapat kita lihat alangkah baiknya jika kita memiliki suatu prinsip yang kita pegang teguh didalam kehidupan kita. 

No comments:

Post a Comment