Thursday 26 March 2015

Tanggung Jawab

Sebelum membahas mengenai tanggung jawab yang berkaitan dengan hidup sehari-hari, tidak ada salahnya mengenal arti kata tanggung jawab terlebih dahulu, Tanggung jawab merupakan kesadaran diri akan tingkah laku atau perbuatan yang dilakukan baik disengaja maupun tidak. Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajiban. Tanggung jawab sudah menjadi bagian atas tindakan yang kita lakukan setiap harinya. Setiap hal atau pekerjaan yang kita dilakukan pasti memikul suatu tanggung jawab tersendiri.

Beberapa contoh tanggung jawab yang saya lakukan atau jalani setiap harinya diantaranya:

Sebagai seorang manusia dan makhluk ciptaan Tuhan, setiap hal yang saya lakukan semua langsung berkaitan dengan tanggung jawab saya terhadap Tuhan, sehingga semua tindakan saya yang tidak baik meskipun orang-orang disekitar saya tidak mengetahuinya namun Tuhan melihat semuanya, karena itu saya harus bertanggung jawab terhadap tindakan saya serta menjaga perilaku saya meskipun tidak ada orang disekitar saya yg mengetahuinya.

Selanjutnya sebagai seorang anak bungsu dari keluarga saya, sebagai seorang anak laki-laki saya memiliki tanggung jawab kepada keluarga saya, diantaranya terhadap orang tua dan kakak-kakak saya, tanggung jawab didalam keluarga ini dapat menyangkut nama baik keluarga misalnya seperti jika saya melakukan perilaku yg buruk maka orang-orang disekitar saya akan menilai bahwa lingkungan keluarga saya tidak baik, oleh karena itu bertanggung jawab atas tindakan sehari-hari dan berperilaku untuk menjaga nama baik keluarga juga merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga kesejahteraan dan keharmonisan bagi keluarga saya.

Saya sebagai seorang makhluk sosial saya hidup pasti memerlukan orang lain disekitar saya, misalnya untuk berkomunikasi dengan orang lain, bercanda dengan teman dan menjaga keakraban, didalam bertingkah laku, berbicara dan perbuatan kepada mereka harus saya pertanggung jawabkan, karena bisa saja ada perkataan atau tingkah saya yang membuat mereka benci dan menjauh dari saya akan menyebabkan berkurangnya teman atau orang lain yang dapat diajak untuk berkomunikasi.

Sebagai seorang pelajar saya memiliki tanggung jawab untuk belajar dengan giat, mengerjakan tugas tepat waktu dan juga masuk pada saat ada kelas, hal ini sudah seharusnya saya lakukan karena sebagai seorang pelajar yang menuntut ilmu, saya dituntut untuk disiplin dan juga karena ada tanggung jawab terhadap orang tua saya yang sudah bersusah payah untuk menjadikan saya seorang pelajar, sebagai ungkapan terima kasih hal sederhana yang dapat saya lakukan adalah menjalankan kewajiban untuk mendapatkan nilai yang bagus dan mengerti apa yang saya pelajari dan mengimplementasikannya.

Selain sebagai seorang pelajar, sekarang saya merupakan seorang mahasiswa tingkat akhir disini saya memiliki tanggung jawab untuk mengerjakan skripsi yang dimana saya juga disibukkan oleh kegiatan kampus seperti praktikum dan hal yang lainnya, saya harus dapat mengelola waktu saya dengan baik agar saya dapat mengerjakan skripsi, tugas kampus, laporan-laporan praktikum dan hal lainnya dengan baik. Saya juga bertanggung jawab terhadap dosen pembimbing skripsi saya, karena dia sudah meluangkan waktunya untuk membantu saya dalam menyusun skripsi ini, sehingga saya harus berusaha untuk melakukannya seperti yang sudah diarahkan dosen pembimbing, agar dapat mengerjakannya dengan baik.

Selain seorang mahasiswa, saat ini saya juga menggemari e-sport atau elektronik sport salah satu e-sport yang saya gemari adalah Dota 2, hal sederhana dalam perwujudan tanggung jawab juga dapat ditunjukkan dalam bermain sebuah game, misalkan pada game ini yang terdiri atas 5 orang pemain, dimana setiap pemain memiliki tanggung jawabnya sendiri agar tim dapat memenangkan pertandingan, disini saya akan berbagi sedikit tanggung jawab saya terhadap teman-teman saya yang bermain bersama saya dalam suatu tim, didalam game ini saya sering berperan sebagai seorang carry yaitu seseorang yang harus menghabisi musuh dengan bantuan teman-teman saya, tugas saya dan yang merupakan tanggung jawab saya disini yaitu untuk menjadikan item saya sejadi mungkin agar dapat mengalahkan musuh, karena jika item saya tidak jadi maka tim saya akan kalah dan teman-teman saya dapat menyalahkan saya karena saya tidak dapat melaksanakan tugas saya dengan baik.
Secara garis besar, semua perilaku dan tindakan yang dilakukan harus dipertanggung jawabkan. Hal sederhana seperti bermain game dan melakukan hobi saja juga memerlakukan tanggung jawab dalam melakukannya. Oleh karena itu tanggung jawab sangat diperlukan untuk keberlangsungan hidup kita sehari-hari untuk diri kita sendiri maupun untuk orang lain.


No comments:

Post a Comment